Ini nih Trik Praktis Menggoreng Cireng agar Tidak Meledak dan Hasilnya Mantap! Coba yuk

Membuat cireng bisa jadi ide untuk mengisi waktu luang sore ini. Bahannya cukup sederhana, harganya murah dan rasanya super nikmat.

Apalagi jika olahan dari sagu ini dimakan selagi panas, wah.. kenyalnya super nikmat dan pas di lidah. Dijamin, cireng akan ludes dari piring dalam waktu sekejap.

Cireng sendiri merupakan kepanjangan dari aci yang digoreng. Jadinya, hidangan dari sagu ini dimatangkan dengan cara digoreng.

Meski nikmat, kita perlu hati-hati nih kala menggoreng cireng. Cireng punya kebiasaan mengembang, retak dan bisa juga meledak dalam minyak.

Bahaya kan kalau minyak panas mengenai tubuh kita. Karena itu, agar cireng tidak meledak saat digoreng, kami punya tips pintarnya untuk anda.


1. Langsung Goreng 

Cireng bisa meledak karena perbedaan suhu antara minyak dan cireng. Adonan cireng biasanya hangat karena dibuat menggunakan air panas. Jadinya, saat masih hangat ini segera saja goreng cireng dalam minyak panas.

Jangan mendiamkan adonan sampai jadi dingin. Ingat, mulai panaskan minyak saat cireng sedang diadon. Jadinya, minyak sudah siap panas segera setelah adonan juga siap. Gunakan juga minyak yang banyak supaya cireng bisa langsung digoreng semua.

2. Kecilkan Ukurannya 

Cireng yang meledak biasanya karena terlalu lama digoreng. Jadi, usahakan membuat cireng dalam ukuran yang kecil-kecil saja.

Jadinya walau digoreng sebentar saja cireng sudah bisa matang. Semakin besar ukuran cireng, butuh waktu semakin lama untuk mematangkan bagian dalamnya.

3. Jangan Isi Terlalu Banyak

Sekarang sedang jaman cireng dengan aneka isian. Misalnya saja keju, daging cincang, ayam kecap, tuna mayo dan masih banyak lagi.

Cireng yang diberi isian ini semakin besar kemungkinannya untuk meledak lho. Karena panas minyak, isinya di dalamnya bisa mendidih dan akhirnya mendorong cireng untuk meledak.
Jadinya, beri isian sedikit saja, jangan terlalu banyak. Terutama kalau mengisinya dengan keju leleh atau daging berkuah.

Usahakan isiannya kering saja, jadi mendidihnya tidak akan terlalu heboh dan membuat cireng jadi meledak. Ingat juga, bentuk dengan ukuran kecil supaya matangnya cepat.

4. Gunakan Tutupan

Selama menggoreng, kita juga bisa menutup wajan dengan tutupannya. Jadinya walau meledak, cireng dan minyak panasnya tidak akan melukai kita.

Tiga cara di atas semoga bisa mengatasi masalah cireng yang meledak saat digoreng ya. Kini kita tidak perlu takut lagi membuat camilan ringan, renyah dan lezat ini di rumah.

Entri Populer

Perempuan dengan Pantat Besar Cenderung Lebih Sehat dan Pintar,Bener gak sih?

Bikin Hotang Yuk! (Hotdog Kentang) Ini dia Resep dan Cara Membuatnya

Resep Kue Madona Dengan Bahan Murah tapi Enak & Menyehatkan