Ini Dia Trik Sukses Membuat Pizza ala Italia! Coba bikin Yuk bun...

Mari belajar membuat roti pizza ala Italia asli. Meski termasuk ke dalam jenis roti-rotian, ada perbedaan khusus dalam pembuatan pizza dan roti.

Mari kita simak macam-macam tipsnya agar kita sukses membuat kulit pizza sesuai harapan.

Mentega dan Minyak

Pada pembuatan roti, orang menggunakan margarin dan mentega, tetapi pada pembuatan pizza digunakan minyak. Umumnya menggunakan olive oil.

Tanpa Telur

Pizza dibuat tanpa telur. Kalaupun memakai telur, maka yang dipakai hanya putih telurnya saja. Pemakaian kuning telur membuat pizza terlihat kuning dan bertekstur empuk.


Teknik Pembuatan

Roti diuleni sampai elastis setelah dimasukkan mentega atau margarin. Pada pembuatan pizza, setelah minyak masuk, adonan tidak boleh diuleni sampai elastis.

Cukup asal diaduk rata. Pasalnya, pengadukan yang terlalu lama membuat pizza jadi berminyak dan pecah.

Selain itu, adonan pizza harus dibuat elastis. Caranya, bulatkan adonan sampai permukaannya licin lalu banting-banting. Pertahankan bentuk bulatnya.

Supaya proses membanting tidak terlalu lama, maka proses pengadukan sebelum minyak masuk harus cukup lama. Jadi kalisnya bukan sekadar kalis, tetapi benar-benar hingga kenyal.

Teknik Fermentasi

Tidak seperti roti biasa, pembuatan pizza tidak membutuhkan fermentasi terlalu lama. Tiga puluh menit sudah cukup. Tahap fermentasi selanjutnya berlangsung di bawah 30 menit.

Pembentukan

Pembentukan kulit pizza selalu bulat dan melingkar. Karena itu setelah dilebarkan, tekan-tekan bagian pinggir pizza supaya melingrkar rapi.

Pengembangan Kulit Pizza

Kulit pizza tak harus tampil polos seperti pada umumnya pizza. Kulit pizza bisa diatambahkan herbs, keju, bawang putih, atau tambahan bahan lain.

Pemanggangan

Pemanggangan kulit pizza dilakukan dua kali. Pertama, pizza dipanggang sebelum diberi topping, cukup hingga setengah matang. Setelah dipanggang setengah matang, kulit pizza bisa langsung diberi topping dan dipanggang untuk kedua kalinya atau disimpan dahulu.

Penyimpanan yang benar harus di dalam wadah tertutup di dalam freezer. Dengan cara simpan yang benar, kulit pizza bisa bertahan satu bulan.

Itulah serba-serbi pembuatan roti pizza ala Italia. Membuatnya sendiri di akhir minggu pasti jadi ide yang menarik.

Entri Populer

Perempuan dengan Pantat Besar Cenderung Lebih Sehat dan Pintar,Bener gak sih?

Bikin Hotang Yuk! (Hotdog Kentang) Ini dia Resep dan Cara Membuatnya

Resep Kue Madona Dengan Bahan Murah tapi Enak & Menyehatkan